About Knowledge

Senin, 06 Februari 2012

Sejarah V3 Sebelum Masuk SMK Sejahtera

V3 punya banyak cerita sebelum akhirnya bisa sekolah di SMK Sejahtera. Sampai bingung ini mau cerita dari mana .Mmmmmm.......v3 ceritain satu-satu dech.

* Kata Bapak v3: Mau Sekolah Uang Dari Mana???

Teman, mungkin banyak dari kalian yang setelah lulus dari SMP langsung ditanya sama ortu: kamu mau lanjutin sekolah dimana? atau pilih sekolah yang terbaik dan kemudian kalian sibuk memilih sekolah mana yang ingin kalian tuju. Tahukah kalian wahai sahabat?? Pertanyaan-pertanyaan demikian tidak pernah kudengar dari orang tuaku. Aku sadar betul kenapa mereka tak menanyakanku hal itu. Karena bapak v3 hanyalah petani biasa yang sehari-harinya hanya menggarap sedikit ladang nd sawah,merawat tanaman salak, dan mencari rumput untuk pakan beberapa kambing kecil. Sedangkan ibu v3 hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa dan kadang jualan bubur dipasar dengan penghasilan tak seberapa untuk jajan v3 setiap harinya. V3 memang anak bungsu dari 4 bersaudara.Semua kaka v3 sudah berkeluarga.

Teman, dari kecil v3 punya banyak cita-cita. Dan Allah begitu sayang sama v3 hingga stiap yang v3 ingin selalu v3 dapatkan. Waktu TK, v3 pengen banget tuch dapet hadiah dan dipeluk cium sama pak Camat. Haha......waktu itu ada perpisahan gitu, nah keinginan itu tiba-tiba muncul begitu saja setelah melihat seorang Bp. Camat di ruang itu. Waktu itu beliau hanya menyuruh "siapa yang berani maju dan membacakan sebuah puisi dikertas ini, maka akan bapak kasih cokelat." Tanpa pikir panjang, v3 langsung maju. Padahal gak tau bisa apa gak baca puisi. Haha...dasar v3 kecil. Tapi v3 bisa loch, nd akhirnya v3 dapet coklat nd peluk cium dari bp camat itu. Seneng banget.......

Waktu Tk, badanku kurus tau. 'cuz mungkin sebulan 2 kali aku harus berobat ke dokter karena sakit''an terus. Ya....sakit demam gitu, tapi sering banget. Pernah sekali v3 baru nyampe kelas, langsung pulang karena demam tinggi. Ya, begitulah....masih banyak banget c sebenernya kalo diceritain ga kelar-kelar.

Teman, singkatnya, selama 6 tahun di SDN 02 Karangnangka,Kec. Pagentan, Banjarnegara, Jawa tengah. Disitulah v3 belajar dengan prestasi peringkat 1 selalu v3 raih hingga lulus SD. Alhamdulillah,,, itu masih bisa v3 pertahankan hingga SMP, di SMPN 2 Pagentan. Walaupun pernah v3 dapet peringkat 2 di semester 2 kelas 1. Kecewa yang sangat dahsyat v3 rasakan,teman... Tapi itu gak buat v3 nyerah, v3 terus belajar.

Prestasi v3 itulah yang buat v3 ga mau diem nd berhenti di akhir SMP dan menikah seperti teman-teman v3, dan menjadi kebiasaan di kampung. "Buat apa wanita sekolah tinggi-tinggi??? toh ujungnya juga kawin.....!!!".  Teman, sedih v3 denger kata-kata itu dari kebanyakan orang di kampung. Ya, v3 tau betul kenapa mereka berpendapat begitu. Karena tidak ada biaya yang mendukung. Dan jika ada yang sudah selesai SMA/SMK, mereka tidak bekerja dan langsung menikah. Jadi biaya yang dulu dipakai ga ada buktinya.

Teman, tapi orang tua v3 gak berpikir demikian. Itu yang membuat v3 punya sedikit celah untuk sekolah lagi. Waktu kelulusan, banyak Sekolah-sekolah baik Negeri maupun swasta mempromosikan sekolahnya. V3 selalu mngambil brosur sekolah itu, dan membandingkan biayanya. Dirumah, ketika bapak dan ibu sedang duduk santai, v3 bikinin mereka 2 cangkir kopi dengan penuh cinta. Haha......, then, v3 pelan-pelan bahas tentang sekolah. Tahukah kalian?? Bapakku hanya tersenyum dan kemudian berkata : " ndo', orang tua mana si yang gak pengen lihat anaknya sekolah yang tinggi, jadi orang siukses. Apalagi dari dulu km punya prestasi. Tapi kamu juga jangan lupa lihat sikon, kamu tahu kan maksudnya???" ( pake bhs jawa c sebenernya).

Teman, v3 langsung diem nd rapiin brosur-brosur penuh harapan itu. Padahal v3 pilih yang ada beasiswanya, tapi mendengar jawaban bapak seperti itu, v3 gak berani lagi bahas tentang sekolah. Pamit masuk kamar, nd...............nangislah di depan cermin. (bukan ngaca ya teman,tapi merenung). Kenapa aku sebegitu egois ingin sekolah, sedangkan keadaan ekonomi orang tua tak memumpuni. Teman, hari-hari menunggu pengumuman kelulusan sangat mendebarkan. Dan aku juga masih berharap bisa melanjutkan sekolah seperti teman-temanku yang lain, yang orang tuanya memiliki biaya. Tapi aku takut untuk berharap lagi karna itu akan membuat orang tuaku merasa sedih.


Pengumuman tiba dan alhamdulillah aku LULUS dengan Nem 33,45 peringkat ke 5 besar. Tapi aku menangis teman, aku ditanya oleh guru-guruku dimana akan aku lanjutkan prestasiku?? Sayang, aku tak bisa menjawab.

Dirumah, aku terus berdo'a ada keajaiban sehingga aku bisa sekolah lagi. Melihatku selalu sedih, orang tuaku pun ikut merasakan dan bahkan mungkin mereka lebih sedih karena tak dapat mewujudkan keinginanku.

Sampai akhirnya kaka tertuaku berunding dengan suamimya di Jakarta. Sungguh.......Miracle is Come Friends. Kakaku bersedia membiayai sekolahku, tapi aku sekolah di Jakarta supaya juga bisa membantunya disana. Ya, kakaku jualan baso di Jakarta.

Teman, aku begitu bersyukur di lahirkan ditengah'' keluarga yang begitu baik. Aku punya kaka ipar laki'' yang bersedia membiayaiku sekolah di Jakarta. Dan orang tuaku juga setuju, karena kaka laki'' ku yang nomor 3 juga siap mebantu.  Sungguh aku begitu bersyukur.......

* Mencari Sekolah Di Jakarta

  Teman, kakaku belum berpengalaman menyekolahkan anak di SMK. Jadi kami bertanya-tanya mengenai sekolah-sekolah yang tidak terlalu jauh. Kaka''ku hanya tamatan SMP semua. Hal ini juga salah satu faktor semangatku untuk maju. "Biarkan aku berasal dari latar belakang keluarga yang kurang mampu dan pendidikannya rendah, bapak dan iibu buruh tani biasa, dan kaka'' ku juga bukan orang kantoran, tapi AKU harus bisa lebih dari mereka. Orang tua buruh tani, v3 bisa jadi Menteri Pertanian, or sesuai bakat dan minat v3 nanti. Amiin......"




Teman, sekolah pertama yang v3 tuju dengan kaka v3 adalah SMKN 12 di Kebon Bawang. Perjuangan mendapatkan kursi begitu berat teman. Program keahlian yang v3 mau adalah ADM. Perkantoran. Tapi sayang......v3 kurang tinggi. Akhirnya v3 pilih AKUNTANSI, padahal gak sreg banget. 

Temanku, perjuangan itu ku mulai dengan membuat surat pengantar di SMA  68 di Salemba. Ya....susahnya mendaftar secara online karena v3 berasal dari daerah Dan jalan inilah yang harus v3 tempuh. Teman, v3 berangakat ke Salemba dengan kaka jam 7 pagi dan sampe disana jam 9 pagi. Antrean panjang dalam pengambilan surat pengantar setelah mengisi formulir sebelumya, menunggu di tengah kerumunan peserta lain yang berjumlah seribu lebih di gelombang pertama itu. Wow.....dapat kalian bayangkan dari jam 9 pagi, v3 baru bisa pulang dan sampe dirumah jam 7 malam.

Teman, perjuangan v3 ga ada hasilnya. Kata pihak sekolah, kalau yang dari daerah hanya di ambil 15. Dan setelah perjuangan kedua di salamba gara'' sistem online datanya hangus, v3 terlambat menyerahkan surat pengantar. Ya,,,,al hasil v3 terlempar ke SMK 23 di Pademangan.

 V3 gak ambil sekolah itu, karena kaka ga ijinin. Itu terlalu jauh, dan mereka khawatir karena v3 belum kenal seluk-beluk jalanan Jakarta, terlebih v3 cewe. Untuk berangkat saja mungkin jam 5. Disitulah v3 kebingungan dan hampir putus asa. Bayangan v3, sekolah Swasta di Jakarta pasti mahal. Dan v3 gak mau terlalu merepotkan kaka. Pernah v3 berpikir pulang kampung saja, ga usah sekolah. 

Sedih.......................bukan main teman. Tapi, sepulang belanja di pasar, kaka ipar v3 dapet brosur SMK Sejahtera. Dan kami lihat rincian brosur itu keseluruhan. Kaka v3 berminat, tapi v3 masih ragu. Takut biayanya kemahalan. Sorenya, v3 dan kaka lihat sekolah itu, cuma dari depan warung. 

Nah, sesuai keputusan bersama, akhirnya SMK Sejahtera jadi pilihan. Tepat jam 2 siang v mendaftar. Hari itu sudah di mulai MOS hari pertama. Jadi v3 hanya ikut MOS selama 2 hari saja. Menyenangkan dan sangat bersyukur akhirnya v3 bisa seolah.

Teman, Alhamdulillha v3 sangat bersyukur, v3 dapet beasiswa nem tertinggi di tingkat 1. Baeasiswa bebas SPP selama 6 bulan. Dan Alhamdulillah lagi, beasiswa itu v3 pertahankan sampe sekarang. Semua berkat belajar,do'a orangtua dan kaka.

Ya Allah Ya Rab, semoga kebaikan kaka'' v3 dapat berbuah manis dan Engkau memberikan imbalan atas keikhlasan mereka. V3 sayang mereka dan v3 janji akan berusaha dan belajar yang rajin agar ga ngecewain mereka smua.

Ya Allah, berikan umur panjang bagi mereka, sehinnga mereka v3 punya kesempatan membahagiakan mereka dengan keihlasan yang mereka kasih, walau tak seluruhnya, tapi v3 ingin mereka bahagia karena sedikit hal yang v3 lakuin nanti. 

Amiin...............



Penuh cinta, v3 ucapkan terimakasih yang tak terhingga  untuk bapak, ibu, dan kaka'' v3, serta guru'' baiik dari TK- Smk sekarang, serta teman'' semua yang bersedia jadi teman v3,,,,,,


I  LOVE YOU ALL.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar